Selasa, 17 September 2019

Sejarah CorelDraw; Shofware Design Grafis terpopuler di Indonesia

  • September 17, 2019
  • Published by Editor


Diantara sekian banyaknya shoftware pembuat desain grafis, hanya Adobe llustrator (AI) dan CorelDRAW yang lazim digunakan di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat banyaknya komunitas maupun kelas kursus dari kedua shoftware tersebut. Adobe Ilustrator beberapa tahun terakhir mulai banyak digunakan, tapi Mayoritas orang Indonesia sendiri lebih banyak menggunakan corelDRAW.

Sesuai  judul diatas, di artikel ini saya akan menjelaskan tentang sejarah corelDRAW saja. Jika ditanya kenapa tidak langsung ke pembahasan tutorial atau tool-nya saja? Karena menurut saya, informasi inilah yang sering di-skip atau dilewatkan designer, terutama yang belajar secara otodidak . Memaang pengetahuan ini tidak ada kaitannya dengan skill atau kemahiran desainer dalam menoperasikan CorelDRAW, tapi tidak ada ruginya kita mengetahui sejarah shoftware tersebut. Jangan khawatir, di artikel yang akan datang saya akan mengulas mengenai tool-toolnya beserta cara penggunaannya.

SEJARAH CorelDRAW

CorelDRAW® Graphics Suite adalah shoftware pembuat grafik berbasis vektor yang diciptakan dan dikembangkan oleh Corel Corporation yang berpusat di Ottawa, Kanada. Selain CorelDraw, perusahaan yang didirikan pada tahun 1985 tersebut juga mengembangkan produk shoftware lain yaitu Painter®, Corel DESIGNER® , PaintShop® Pro, VideoStudio®, WinDVD®, WordPerfect® Office dan WinZip®.

CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987. Adalah Michael Cowpland seorang Entrepreneur dan businessman kelahiran tahun 1943 yang melakukan Research Laboratory. Pria yang menjadi cikal bakal berdirinya Corel Corporation tersebut pernah menempuh pendidikan di Imperial College London dan meraih gelar teknik B.Sc. Kemudian tahun 1964 pindah ke kanada dan menyelesaikan pendidikan masternya pada tahun 1968. Menerima gelar Ph.D dari Universitas Carleton Ottawa pada tahun 1973. Secara terminologi nama perusahaan tersbut merupakan akronim dari Cowpland Research Laboratory (CoReL).

Corel Corporation mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang nantinya disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Sehingga tercptalah CorelDRAW versi 1.x yang berjalan pada platform Windows.

Corel Corporation melesat sangat cepat ketika produk corelDRAW muncul di pasaran, dan menjadi perusahaan shoftware terbesar di Kanada. Sejak pertama kali corelDRAW dirilis pada tahun 1989, sampai sekarang (2019) setidaknya sudah ada 24 versi yang telah dinikmati publik.


Kelebihan dan Kekurangan CorelDrRAW

Seperti yang penulis sebutkan di awal tadi, Pesaing utama corelDraw adalah Adobe Illustrasion, sehingga tak heran jika banyak yang membandingkan dua shoftware tersebut. Lalu ada juga shoftware xara extreme yang tak sepopuler AI. Diluar kelebihan maupun kekurangandari corelDRAW tersebut, yang utama adalah tergantung kembali pada penggunaan dan kebutuhan desainer. Pengerjaan akan lebih cepat dan hasil memuaskan berdasar pada shoftware dan tool mana yg disukai dan merasa cocok. Terutama untuk pemula yang baru pertama kali belajar desain, corelDRAW lebih ramah dan mudah dipelajari meski dengan speksifikasi PC/laptop yang rendah.

Cukup sekian mengenai Sejarah tentang corelDRAW, semoga  yang saya jelaskan diatas bermanfaat, dan terima kasih sudah membaca.



0 komentar:

Posting Komentar

auvha-logo-vsg

Say hello to Danil,
our director art