Jumat, 10 Januari 2020

Buku Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Kementerian Agama RI

  • Januari 10, 2020
  • Published by Editor
Kemenag PAI

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti


Berisi tentang ajaran beserta nilai-nilai dalam Islam bagi siswa-siswi mulai kelas 1 SD sampai 12 SMA. Buku ini salah satu bentuk usaha Kementerian Agama dalam menangkal radikalisme sejak dini. Dalam proses penysusnannya, setidaknya membutuhkan waktu hampir 3 tahun. Mulai dari penyusunan naskah, pembuatan ilustrasi, sampai akhirnya masuk pada tahap design layout. Buku ini melalui proses yang panjang dan keras. Dilengkapi dengan gambar berwarna, tabel, infografis Teks arab beserta latinnya, dsb. sehingga dalam proses layoutnya pun, desainer harus kerja extra dan extrasabar.

Pada tahun-tahun sebelumnya, yang menerbitkan buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti adalah Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan. Namun, sejak tahun 2017, kewenangan untuk menerbitkan buku tersebut berpindah pada Kementrian Agama. Ini menjadi buku PAI dan Budi Pekerti yang pertama kali diterbitkan oleh Kemenag untuk seluruh siswa-siswi di Nusantara.

Banyaknya tingkatan kelas yang dibidik (SD sampai SMA), penyusunan buku ini melibatkan banyak pihak yang terbagi dalam 12 team. Masing-masimg team terdiri dari penulis naskah, ilustrator, penelaah bahasa, penelaah psikologi, pentashih al-Quran Hadis, dan Layouter. Setiap team bertugas menyusun satu buku ajar untuk siswa dan satu buku panduan untuk guru. Dalam hal ini, Kami di rekrut ke dalam dua team, yaitu team 7 (Menyusun buku untuk kelas 7 SMP) dan team 8 (Menyusun buku untuk kelas 8 SMP).

Setelah melalui banyak proses telaah, revisi dan uji publik, Akhirnya Buku ini di-launching dan siap disebarluaskan ke seluruh sekolah yang ada di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

auvha-logo-vsg

Say hello to Danil,
our director art